Article Detail

Learning Forum Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tidak dipungkiri lagi bahwa kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Maka sebagai pendidik mau tidak mau harus bisa memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih dinamis dan menarik. Untuk menambah wawasan guru di bidang TI, guru SMP Tarakanita mengadakan learning forum di bidang TI (19/8). Sebagai pembicara untuk kegiatan kali ini Ibu Wiwik dan Bapak Beni. Kegiatan ini lebih banyak mempraktikkan bagaimana membuat animasi yang menarik dan bisa diterapkan dalam pembelajaran.

Sebetulnya power point bukan hal yang baru namun banyak menu yang dapat dieksplore sehingga dalam penyampaian materi dalam pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Mengingat bahwa 60 persen anak di Indonesia menggunakan cara belajar secara visual maka visualisasi dan kreasi dalam bentuk power point bisa dipakai sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif. Gambar yang bergerak dapat menimbulkan rasa ketertarikan anak.

Lebih lanjut, Ibu Wiwik menyampiakan bagaimana cara mebuat gambar menjadi bergerak sesuai dengan keinginan kita. Ibu Wiwik menyampaikan materi dengan disertai contoh-contoh. Untuk selanjutnya, peserta mencoba membuat gambar-gambar bergerak. Para peserta begitu serius dan aktif saat mencoba membuat media pembejaran menggunakan TI. Rupa-rupanya ada keasyikan tersendiri bagi peserta ketika mereka mempraktikkan bersama. Di tengah-tengah kegiatan ada saja kejadian yang membuat peserta tertawa. Misalnya hasil gambar  yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, gerakan gambar menjadi tidak beraturan, dan sebagainya. Kejadian-kejadian seperti ini ternyata bisa membuat syaraf menjadi lebih santai sehingga mereka sejenak bisa melupakan tugas-tugas lain yang harus diselesaikan. Dengan kata lain, learning forum kali ini membuat peserta bisa tertawa dan bercanda meskipun tetap dalam suasana belajar bersama. (AGK)
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment