Article Detail

Family Gathering sebagai Ajang Perkenalan, Kerjasama Sekolah dan Orang Tua untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik.

Perlu kerjasama antara semua pihak agar peserta didik berkembang baik kognitif, karakter maupun bakat dan minatnya. Sekolah SMP Tarakanita sebagai suatu institusi pendidikan mencoba bekerjasama dengan orangtua untuk mendukung pendidikan karakter peserta didiknya melalui kegiatan family gathering.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Februari 2018 di sekolah SMP Tarakanita Citra Raya, mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Acara ini diikuti oleh peserta didik kelas 7 beserta orang tuanya. Acara dibuka dengan doa pembukaan oleh salah satu orang tua peserta didik dilanjutkan sambutan-sambutan. Dalam salah sambutannya, kepala sekolah berharap acara ini dapat meingkatkan kerjasama orang tua dengan pihak sekolah sehingga perkembangan kepribadian peserta didik dapat maksimal.

Acara ini juga diisi dengan berbagai lomba untuk menjalin kerjasama antara orang tua dengan orang tua, orang tua dengan anak, maupun orang tua dengan pihak sekolah. Perlombaan juga bertujuan menumbuhkan sikap sportif dan daya juang pada peserta didik. Ada lomba senam salah arah, lomba bambu gila, lomba jarring laba-laba, dan lomba estafet kostum.

Menurut ibu Marini, salah satu orang tua peserta didik , salah satu lomba yang seru adalah lomba jaring laba-laba, dimana orang tua yang tadinya belum mengenal menjadi saling mengenal dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam lomba ini diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik. Lomba yang menghibur adalah lomba estafet kostum, karena kostum yang “aneh” mebuat penonton tertawa.

“Seru lombanya dan enak makanannya “ ungkap Rere salah satu peserta didik kelas 7 Celebration yang mengikuti lomba bambu gila dan estafet kostum. Hal senada juga dikatakan oleh Tasya.
Harapan sekolah, kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua akan terus berlanjut sehingga mendukung perkembangan peserta didik baik dalam segi pengetahuan maupun kepribadian.(AgS)
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment