Article Detail

Workshop Pengelolaan Kelas yang Efektif

Guru SMP Tarakanita Citra Raya mengikuti workshop dengan tema “Pengelolaan Kelas yang Efektif” di Ruang Multimedia SMP Tarakanita Citra Raya (1/8) dengan narasumber Isti Handayani, S. Pd. Kegiatan yang berdurasi kurang lebih 3 jam ini berlangsung dengan interaktif. Narasumber dengan kepiawaiannya menyampaikan materi dengan dinamis sehingga tidak membosankan. Memang pantas kalau narasumber sering diundang dalam kegiatan-kegiatan workshop pembelajaran. Kalau dilihat dari curriculum vitae-nya, narasumber mempunyai jam terbang yang tinggi dalam mendampingi guru-guru di beberapa sekolah bahkan di sekolah-sekolah internasional.

Materi yang disampaikan narasumber seputar pengelolaan kelas. Topik pembahasan tentang pengeloaan perilaku siswa dan pengelolaan kelas. Tujuan pelatihan adalah memahami pengelolaan kelas yang efektif sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Agar pengeloaan kelas lebih efektif pertama kali yang dilakukan adalah membuat kesepakatan kelas.
Tips dalam membuat peraturan kelas/kesepakatan bersama adalah:
a.    Libatkan siswa dalam pembuatannya
b.    Pergunakan kalimat yang singkat
c.    Menggunakan kalimat positif

Cara agar dapat mengelola kelas yang baik:
a.    Disipiln yang efektif
b.    Persiapan sebelum mengajar
c.    Menyediakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan
d.    Membangun rasa percaya diri siswa
e.    Menciptakan pembelajaran yang kreatif dan imajinatif.

Pengelolaan kelas akan berbeda kelas antara kelas satu dengan kelas yang lainnya karena masing-masing siswa berbeda. TIdak semua strategi pengeloaan kelas efektif untuk masing-masing guru.
Pengelolaan kelas meliputi:
a.    Pengelolaan orang tua
b.    Siswa dan guru
c.    Pengelolaan ruangan
d.    Pengelolaan materi (jadwal, buku, RPP).

Tujuan pengelolaan kelas adalah menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif. Pengelolaan kelas yang baik akan menciptrakan kondisi di mana semua siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

Karakteristik dalam pengelolaan kelas yang baik:
a.    Para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran
b.    Para siswa tahu apa yang diharapkan oleh guru dan mereka berhasil mencapainya
c.    Penggunaan waktu yang efektif dalam pembelajaran, tidak terjadi kebingungan dari para siswa, dan tidak terjadi gangguan.
d.    Situasi kelas yang berorientasi pada ‘pekerjaan’ tetapi santai dan menyenangkan.

Pengeloaan kelas juga harus memperhatikan tipe-tipe siswa. Antara siswa yang satu dan yang lain tidak sama dalam menangkap materi. Ada tipe visual, tipe audiotori, dan tipe kinestetik.
Selain materi diatas, disampaikan pula pengeloaan perilaku siswa yang proaktif, antara lain:
a.    Mengkomunikasikan peraturan dan harapan secara jelas kepada siswa
b.    Selalu meberikan masukan/saran yang positif dan membangun
c.    Selalu adil dan konsisten dalam menerapkan peraturan
d.    Membuat jadwal pembagian tugas
e.    Memperhatikan interaksi sehari-hari siswa
f.    Memberikan contoh tingkah laku yang baik kepada para siswa (role model)

Secara keseluruhan materi ini menarik dan bisa diterapkan dalam kegiatan belajar di kelas. (AGK)


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment