Article Detail

Mengidentifikasi dan Mendiskusikan Ciri Artikel Ilmiah Populer

Selasa  (8/10), pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8D SMP Tarakanita Citra Raya sampai pada materi ciri ciri artilkel ilmiah popular. Pada pertemuan minggu sebelumnya, guru sudah menjelaskan pengertian serta makna artikel ilmiah. Guru sudah memberi contoh bentuk tulisan artikel ilmiah popular yang berbeda dengan tulisan lain, misalnya berita atau jenis teks lainnya.

Pada dua pertemuan kali ini, peserta didik diajak untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan masalah ciri ciri artikel ilmiah popular. Peserta didik diajak untuk menerapkan secara sederhana Pembelajaran Berbasisi Masalah ( PBR) sederhana. Anak- anak dibentuk kelompok, dengan setiap kelompok 3 peserta didik dan hanya ada satu kelompok terakhir yang berjumlah 4 siswa. Peserta didik dibuat rambu-rambu mencari ciri-ciri artikel ilmiah populer oleh guru untuk mengdidentifikasi dan mendiskusikan:

a.Pendapat penulis artikel ilmiah populer yang mereka temukan?

b.Bukti bukti yang mendukung pernyataan pendapat penulis

c.Penjelasan tentang pernyataan dan bukti yang mendukung

d.Bahasa yang digunakan penulis artikel ilmiah populer

e.Fakta fakta yang ditemukan.

Dari 5 rambu-rambu masalah yang disampaikan guru, peserta didik mengidentifikasi serta mendiskusikan kelimanya dalam kelompok. Hasil dari diskusi kelompok, dibuat dalam bentuk laporan menggunakan aplikasi canva. Peserta didik diberi kebebasan mencari, mengidentifikasi, mendiskusikan ciri-ciri artikel ilmiah populer dengan berbagai sumber menggunakan gadged yang mereka bawa masing-masing. Laporan dalam bentuk Canva yang sudah selesai, nantinya dikirim ke GC kelas 8D yang sudah dibuat oleh guru mapel. 

Sampai dua jam pelajaran yang dilakukan, masing-masing kelompok masih ada yang belum menyelesaikan identifikasi dan diskusi ciri-ciri artikel ilmiah popular. Dengan demikian presentasi untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. 

Dari pantauan guru, anak anak antusias dan kreatif dalam membuat laporan diskusi perkelompok ini, dan mereka senang dengan pembelajran model ini karena mereka bisa bereksplorasi dengan pengetahuan yang dimilikinya apalagi bisa mencari sumber sumber lain lewat gadged yang mereka bawa. (Stw)


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment