Article Detail

Menyelidiki Pola Bilangan pada Lagu melalui Pembelajaran Berbasis Riset Sederhana

Kehidupan dunia yang semakin berkembang, dinamis dan teknologi yang mendunia,  pendidikan memiliki peran penting dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di masa depan. Pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik diharapkan dapat melatih keterampilan abad 21 yaitu Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation. Dalam menghadapi tantangan di masa depan, Yayasan Tarakanita Tangerang memiliki value proposition yaitu “Community of Research”. Value Proposition dilaksanakan di SMP Tarakanita Citra Raya melalui pembelajaran berbasis riset sederhana. Pembelajaran berbasis riset tidak hanya mempelajari tentang konsep baru, tetapi peserta didik juga dapat belajar bagaimana menyaring informasi, melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah secara efektif melalui suatu penemuan.

Pembelajaran berbasis riset sederhana sudah dilaksanakan dalam Pembelajaran Matematika di kelas VIII dengan materi Pola Bilangan. Pembelajaran berbasis riset dilakukan dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah dengan materi penyelidikan Pola Bilangan pada lagu “Are You Sleeping”. Pembelajaran berbasis riset didukung dengan media pembelajaran online yaitu Desmos yang berisikan langkah-langkah pelaksanaan riset sederhana. Pembelajaran berbasis riset sederhana dengan pendekatan kontekstual melalui permasalahan yang ada di sekitar peserta didik bertujuan agar peserta didik dapat memahami konsep Pola Bilangan dan penerapan Pola Bilangan pada kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik akan merasakan bahwa matematika dapat lebih dekat dengan kehidupannya.

Pembelajaran berbasis riset, diawali dengan pembagian kelompok di setiap kelas, yang terdiri dari 3-4 siswa dalam satu kelompok. Kegiatan penyeledikan diawali dengan bermain piano matematika melalui media desmos untuk mengamati not lagu “Are You Sleeping”. Saat pelaksanaan pengamatan peserta didik diminta untuk mencatat fakta-fakta yang telah ditemukan. Setelah kegiatan observasi, peserta didik merumuskan jawaban apakah pada lagu tersebut terdapat pola bilangan yang tersusun. Peserta didik dalam merumuskan jawaban, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Setelah peserta didik menjawab apakah terdapat pola bilangan pada lagu tersebut, peserta didik diminta untuk membentuknya ke dalam pola barisan aritmatika.

Tahapan terakhir dari pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan kontekstual ini adalah mengkomunikasikan jawaban yang telah dibuat oleh peserta didik pada setiap kelompok di depan kelas. Pada pelaksanaan pesentasi, dilaksanakan sesi tanya jawab dan umpan balik antar peserta didik terkait dengan Pola Bilangan yang terdapat pada lagu yang telah dipelajari melalui riset sederhana ini. Peserta didik antar kelompok dapat saling bertukar jawaban terkait dengan Pola Bilangan dan Barisan Aritmatika yang telah ditemukan pada lagu “Are You sleeping” tersebut. Sehingga masing-masing kelompok akan mendapat pengetahuan baru dari kelompok pribadi maupun kelompok teman yang lainnya. Di akhir pembelajaran, guru memberikan umpan balik dan penguatan kepada peserta didik terkait dengan konsep Pola Bilangan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembelajaran berbasis riset sederhana ini diharapkan peserta didik dapat memahami konsep dan penerapan Pola Bilangan pada kehidupan sehari-hari melalui pengalaman belajar bermakna dan penemuan pribadi maupun saat bersama kelompok. Pembelajaran berbasis riset sederhana ini, harapannya dapat menjadi pemantik bagi peserta didik untuk terus mengembangkan rasa ingin tahu, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif dalam memechakan suatu masalah melalui kegiatan pembelajaran yang bermakna yang sesuai dengan kebutuhan zaman peserta didik. (Nr)


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment