Article Detail
Optimalisasi PBR dalam Implementasi Value Preposition Community of Research
Sekolah Tarakanita Citra Raya dan Gading Serpong dari TK sampai SMA menerapkan value preposition (VP) “Community of Research”. Seluruh jenjang mengimplemtasikan VP ini dalam proses pembelajaran di kelas. Sebagai review dan berbagi praktik baik dari para guru yang sudah berhasil mengimplentasikan VP ini berbagi pengalaman kepada para guru dari Tk sampai SMA Tarakanita Citra Raya dan Gading Serpong dalam kegiatah Hari Studi Guru (HSG) (20/7). Sebagai narasumber HSG kali ini adalah Ibu Esli, Ibu Christine, dan Bapak Bayu serta Ibu Meta sebagai moderator.
Dalam pengantar, Bapak Bonifasius Bambang Sudarmono, M. Pd., Kepala SDM Yayasan Wilayah Tangerang mengatakan bahwa PBR bukanlah hal yang baru. Tahun 2011/2012 kita sudah mendapatkan sosialisasi PBR dan menjadi salah satu standar proses Pendidikan Tarakanita. Langkah-langkah pelayanan dalam rangka memelihara reputasi sekolah. PBR menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui penelitian dg tujuan meningkakan kualitas pembelajaran dan mengembangkan sikap kritis kretaif. Bagaimana pesdik pada tataran C6: mencipta.
Selnjutnya Ibu Esli mereview tentang seluk beluk PBR yang sebenarnya sudah diketahui oleh peserta. Namun begitu penyegaran ini sungguh bermanfaat bagi guru. Para guru yang sudah melaksanakan dalam mengajar bisa lebih memahami dan menerapkan sesuai dengan Langkah-langkah PBR sehingga pembelajaran bisa lebih terstruktur dengan baik.
Sesi selanjutnya berbagi praktik bagi dari Ibu Maria, Bapak Bayu, dan Ibu Kristin. Mereka bertiga secara bergantian men-sharing-kan pembelajaran yang pernah dilakukan dengan PBR ini. Daru sharing mereka, peserta dapat semakin memahami dan mempunyai Gambaran tentang alur PBR ini. Sebetulnya para guru sudah melakukan semua hanya saja belum teradministrasikan dengan rapi. Kegiatan HSG kali ini sungguh bermanfaat bagi guru dan menambah semangat mereka dalam mempersiapkan dan melaksanakan PBR di dalam kelas nantinya. (Agk)
-
there are no comments yet