Article Detail

Bedah Buku: Sukses Mengajar, Panduan Lengkap Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif

“Tugas guru dalam proses belajar tidak hanya mentransfer pengetajuan tetapi juga bisa menjadi pendorong/motivator, pemberdaya.reinforce, dan pelatih/instruktur,” itulah ungkapan pertama yang disampaikan Ibu Agustina Sumiyati, S.Si, dalam learning forum bedah buku, Jumat, 18 Mei 2018 di ruang multimedia SMP Tarakanita Citra Raya. Learning forum bedah buku ini, Bu Mia, begitu beliau disapa, membedah buku dengan judul ‘Sukses Mengajar, Panduan Lengkap Menjadi Guru Kreatif dan Inofatif”. Buku karangan Imas Kurniasih dan Berlin Sani. Terbitan Pustaka Diantara, tahun 2017 dengan tebal halaman sekitar 182 halaman.

Dalam penjelasannya, Bu Mia mengatakan buku ini dibagi dalam enam bab. Bab I, menjadi guru yang memahami siswa. Dalam bab ini dijelaskan guru yang mengenal berbagai karakteristik yang dimiliki siswa. Karakteristik siswa bisa dari potensi siswa, kecerdasan dan kecenderungasn belajar siswa. Bab II, Pembelajaran yang ideal. Hal terpenting dari pembelajaran ideal adalah penguasaan mengenai tujuan, materi, metode, media, lingkungan dan startegi pembelajaran yang sistematis. Bab III, Guru dan segala sikap yang harus dimiliki. Dalam penjelasasnya, Bu Mia mengatakan yang harus dimiliki guru dalam proses mengajar adalah komitmen yang kuat , karakter yang inovatif, kreatif dan cerdas, visioner, berkepribadian yang kuat dan bermutu.

Bab IV, Inovasi guru dakam merancang suasana dan pola mengajar yang menyenangkan. Dalam bab ini dijelaskan guru harus kreatif dalam penyusunan silabus yang menarik, RPP yang kontekstual, inovasi pendekatan pembelajaran yang efektif. Bab V, Inovasi belajar di luar kelas. Hakikat belajar di luar kelas adalah suatu kegiatan di alam bebas / di luar kelas yang bersifat menyenangkan karena siswa dapat melihat, mengagumi, menikmati dan belajar mengenai ciptaan Tuhan. Model pembelajaran dimana proses yang dilalui dapatmembangun makna (input), kemudian prosesnya melalui struktur kognitif sehingga berkesan lama dalam memori ( terjadi konstruksi). Bab VI, Inovasi beragam cara mengatasi masalah siswa.  Dalam baba ini dijelaskan berbagai cara mengatasi maslah siswa dari ketertiban, kedisiplinan dan sikap.
Sesudah presentasi bedah buku, dilanjutkan sesi tanggpan atau tanyajawab mengenai materi bedah buku. ( stw )
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment