Article Detail
Belajar Ilmu Fisika Sungguh Menyenangkan
“Apa nama galaksi yang paling dekat dengan galaksi Bimasakti?†Itulah salah satu pertanyaan yang dilontarkan dalam kuis di sela-sela pembelajaran IPA Fisika yang diikuti oleh peserta didik SD Tarakanita Citra Raya yang dilaksanakan di Ruang Multimedia SMP pada hari Jumat, 31 Agustus 2012. Kegiatan belajar ini dalam rangka realisasi program supply chain. Peserta didik SD terlihat begitu semangat mengikuti pelajaran IPA-Fisika yang diampu oleh Ibu Mia dan Ibu Wiwik.
Pembelajaran ini terlihat begitu menarik karena menggunakan media pembelajaran yang dinamis. Materi disampaikan dalam bentuk gambar-gambar bergerak sehingga menarik. Teori-teori yang disampaikan pun tidak begitu banyak sehingga mudah ditangkap oleh peserta didik SD. Peserta didik SD secara aktif mengikuti pelajaran sehingga suasana kelas benar-benar hidup.
Materi yang disampaikan tidak begitu menyimpang dengan materi yang seharusnya diterima peserta didik SD. Materi yang diajarkan antara lain: pesawat sederhana, tata surya, galaksi, meteor, dan sebagainya. Setiap satu materi disampaikan, ada quiz yang harus dijawab oleh peserta didik secara spontan dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. Peserta didik yang mengangkat tangan paling awal akan diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan. Apabila jawaban betul, sebagai penghargaan akan diberi hadiah. Setiap satu pertanyaan dilontarkan, banyak peserta didik yang mengangkat tangan. Jawaban mereka pun bervariasi, ada yang betul, ada yang salah. Ini menambah suasana menjadi hangat.
Dari pembelajaran yang diterapkan di atas bisa disimpulkan bahwa ternyata belajar apa saja itu bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi peserta didik tinggal bagaimana pengemasannya. Pembelajaran yang dikemas dengan baik dengan menggunakan metode yang tepat akan bisa membangkitkan semangat belajar peserta didik dan bisa dengan mudah diterima oleh mereka. Semoga dengan pembelajaran yang menyenangkan ini, bisa membangkitkan minat peserta didik SD dalam belajar IPA. (AGK)
Pembelajaran ini terlihat begitu menarik karena menggunakan media pembelajaran yang dinamis. Materi disampaikan dalam bentuk gambar-gambar bergerak sehingga menarik. Teori-teori yang disampaikan pun tidak begitu banyak sehingga mudah ditangkap oleh peserta didik SD. Peserta didik SD secara aktif mengikuti pelajaran sehingga suasana kelas benar-benar hidup.
Materi yang disampaikan tidak begitu menyimpang dengan materi yang seharusnya diterima peserta didik SD. Materi yang diajarkan antara lain: pesawat sederhana, tata surya, galaksi, meteor, dan sebagainya. Setiap satu materi disampaikan, ada quiz yang harus dijawab oleh peserta didik secara spontan dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. Peserta didik yang mengangkat tangan paling awal akan diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan. Apabila jawaban betul, sebagai penghargaan akan diberi hadiah. Setiap satu pertanyaan dilontarkan, banyak peserta didik yang mengangkat tangan. Jawaban mereka pun bervariasi, ada yang betul, ada yang salah. Ini menambah suasana menjadi hangat.
Dari pembelajaran yang diterapkan di atas bisa disimpulkan bahwa ternyata belajar apa saja itu bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi peserta didik tinggal bagaimana pengemasannya. Pembelajaran yang dikemas dengan baik dengan menggunakan metode yang tepat akan bisa membangkitkan semangat belajar peserta didik dan bisa dengan mudah diterima oleh mereka. Semoga dengan pembelajaran yang menyenangkan ini, bisa membangkitkan minat peserta didik SD dalam belajar IPA. (AGK)
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment