Article Detail

Kreativitas, Kecakapan dan Kerja Sama Melalui Ujian Praktik

“Tak hanya terampil berbahasa Inggris dan kompak dalam tim, tetapi juga sangat kreatif.” Itulah ungkapan yang cocok untuk mengungkapkan penampilan para peserta didik kelas IX dalam Ujian Praktik Bahasa Inggris.

Senin (18/3) dan Selasa (19/3) adalah hari yang cukup mendebarkan bagi para peserta didik kelas IX SMP Tarakanita Citra Raya. Pada hari tersebut mereka melaksanakan Ujian Praktik Bahasa Inggris, sebagai salah satu rangkaian dari Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Ujian dilaksanakan di Ruang Multimedia SMP Tarakanita Citra Raya. 

Para peserta didik dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 hingga 4 siswa. Kemudian, mereka harus menampilkan storytelling dengan judul yang telah ditentukan  oleh guru. Dalam ujian praktik kali ini, para peserta didik tak hanya menunjukkan kemampuannya dalam menggunakan Bahasa Inggris, namun juga menampilkan kreativitas mereka dalam mendongeng.

Berbagai media dan cara digunakan sebagai media dan metode storytelling ini: mulai dari mendongeng dengan menggunakan wayang, menggunakan background yang menarik lengkap dengan boneka tokoh, hingga semi-drama yang lengkap dengan kostum atau pun topeng. Bahkan, banyak pula di antara para siswa yang memanfaatkan media LCD dan speaker sebagai background dan soundtrack dari cerita yang mereka bawakan. Properti yang mereka gunakan pun adalah barang-barang yang ramah lingkungan, seperti kardus bekas yang dihias warna-warni sehingga menjadi sebuah properti yang menarik, boneka, wayang-wayangan yang terbuat dari kertas bekas, dan sebagainya.

Beberapa cerita yang mereka bawakan adalah beberapa dongeng berbahasa Inggris yang cukup terkenal, di antaranya adalah Rapunzel, Puss in Boots, The Ugly Duckling, Little Red Riding Hood, Rumpelstiltskin, Jack and the Beanstalk, Hansel and Gretel, hingga Goldilock and the Three Bears. Dari semua cerita yang mereka bawakan, para peserta didik pun dapat mengambil beberapa pelajaran yang berharga dari cerita yang mereka bawakan. (EA)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment