Article Detail

Learning Forum PTK

Bertempat di kelas 9 KPKC ( 9 A ), SMP Tarakanita Citra Raya mengadakan learning forum PTK       ( Penelitian Tindakan Kelas ), Selasa, 11 April 2017, pukul 14.00 WIB. Learning forum ini diikuti seluruh guru SMP Tarakania Citra Raya. Bertindak sebagai narasumber dalam learning forum ini adalah Ibu Mia ( guru IPA Biologi), Ibu Agustin ( guru matematika), dan Ibu Wiwik ( guru IPA Fisika). Learning forum PTK ini sebenarnya pengimbasan dari ketiga guru tersebut yanhg sudah mendapatkan sosialisasi PTK yang diadakan Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Tangerang dua minggu sebelumnya.

Dalam learning forum PTK tersebut dijelaskan oleh Ibu Mia prosedur dan urutan kita membuat proposal PTK. Menurutnya yanag harus ada dalam pembuatan proposal PTK itu meliputi: Pendahuluan, Landasan teori, Metode Penelitian, dan Referensi. Dalam Pendahuluan dijabarkan didalamnya adalah latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Menurut Bu Mia, dalam latar belakang diungkapkan teori kompetensi dan kenyataan tentang kompetensi dalam frame work kurikulum Tarakanita, teori dan kenyataan tentang hasil belajar siswa, teori dan tindakan pelitian tindakan kelas.

Ibu Agustin, narasumber lain menambahkan bahwa dalam pembuatan judul itu maksimal 15 kata. Secara tersirat judul PTK memuat masalah yang akan diteliti, subyek/tempat penelitian dan tindakan untuk mengatasi masalah.  Ibu Agustin menambahkan bahwa ketika kita merumuskan masalah dalam PTK maka rumusan masalahnya mengajak untuk lebih menggali apakah pembelajaran yang ditawarkan untuk penelitian, bisa meningkatkan kualitas yang diteliti.

Narasumber lain, Ibu Wiwik, menambahkan mengenai bagaimana menuliskan tujuan peneltian dan manfaat penelitian Menurutnya cara menulis tujuan penelitian adalah mirip atau sama dengan merumuskan rumusan maslah tetpai ibuat dalam kalimat positif. Sementara dalam menuliskan manfaat penelitian  dibagi manfaat untuk guru, peneliti, dan sekolah.
Learning forum PTK berakhir kira kira pukul 15.00 WIB. (stw)
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment