Article Detail
Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Animo Masyarakat
Senin (25/2) bertempat di ruang Multimedia, SMP Tarakanaita Citra Raya mengadakan pertemuan pertama atau Learning Forum 1 bagi seluruh karyawan SMP Tarakanita Citra Raya. Learning Forum 1 ini mengambil tema ‘ Meningkatkan Pelayanan kepada Customer untuk meningkatkan animo masyarakat’. Bertindak sebagai presentator atau pembicara dalam kegiatan ini adalah Maria Djaim, dengan moderator Yohana, serta notulen Marice, ketiganya adalah karyawan bagian tata usaha.
Maria Djaim dalam presentasinya mengatakan konsep pelayanan prima terbagai dalam apa yang dinamakan A3 yaitu pertama Attitude yang mengandung arti sikap sopan terhadap custumer, positif dalam menanggapi keluhan custumer, menghargai yang dimaui custumer. Dengan attitude yang baik dalam melayani custumer, maka custumer merasa haknya terlayani dengan baik. Kedua, Attention yakni melayani dengan penuh perhatian. Custumer merasa nyaman, senang, diperhatikan yang ujunng-ujungnya merasa puas jika kita melayani dengan penuh perhatian. Ketiga, Action yakni mencatat kebutuhan pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan pelanggan, serta mengucap terima kasih atas kesediaan custumer mendengarkan penjelasan kita. Dengan melakukan action atas tanggapan, keinginan, atau bahkan keluhan customer, maka kita sudah menanggapi dengan cepat kemauan pelanggan. Kecepatan menanggapi keinginan pelanggan menghasilkan kepuasan pelanggan.
Maria juga menambahkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan kita, penjual jasa pendidikan, agar para pelanggan merasa puas dan nyaman dengan pelayanan kita, yaitu komitmen kuat untuk memberi pelayanan prima kepada pelanggan, kredibilitas atau meyakinkan pelanggan untuk percaya pada sekolah, kompetensi atau nilai jual sekolah yang bagus, SDM yang mumpuni sesuai bidangnya, tanggungjawab dalam memberi pendidikan dan pelayanan custosmer, feedback atau umpan balik berupa balasan sekolah kepada pelanggan, serta perbaikan menerus untuk memberi pelayanan maksimal. Tentu hal terakhir adalah mengucapkan terima kasih dengan senyuman karena hal yang terbaik diberikan kepada pelanggan adalah senyuman.
Learning forum pertama yang di dalamnya terdapat diskusi dan tanya jawab itu, diakhiri dengan kesimpulan singkat oleh kepala SMP Tarakanita Citra Raya, Y.B. Wardjono. Kepala sekolah menegaskan pentingnya menjaga komitmen kita dalam melayani pelanggan pelanggan secara prima. Dengan pelayanan secara prima, sesuai tuntutan lembaga, maka harapanya animo masyarakat semakin meningkat untuk masuk ke sekolah kita. (STW)
Maria Djaim dalam presentasinya mengatakan konsep pelayanan prima terbagai dalam apa yang dinamakan A3 yaitu pertama Attitude yang mengandung arti sikap sopan terhadap custumer, positif dalam menanggapi keluhan custumer, menghargai yang dimaui custumer. Dengan attitude yang baik dalam melayani custumer, maka custumer merasa haknya terlayani dengan baik. Kedua, Attention yakni melayani dengan penuh perhatian. Custumer merasa nyaman, senang, diperhatikan yang ujunng-ujungnya merasa puas jika kita melayani dengan penuh perhatian. Ketiga, Action yakni mencatat kebutuhan pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan pelanggan, serta mengucap terima kasih atas kesediaan custumer mendengarkan penjelasan kita. Dengan melakukan action atas tanggapan, keinginan, atau bahkan keluhan customer, maka kita sudah menanggapi dengan cepat kemauan pelanggan. Kecepatan menanggapi keinginan pelanggan menghasilkan kepuasan pelanggan.
Maria juga menambahkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan kita, penjual jasa pendidikan, agar para pelanggan merasa puas dan nyaman dengan pelayanan kita, yaitu komitmen kuat untuk memberi pelayanan prima kepada pelanggan, kredibilitas atau meyakinkan pelanggan untuk percaya pada sekolah, kompetensi atau nilai jual sekolah yang bagus, SDM yang mumpuni sesuai bidangnya, tanggungjawab dalam memberi pendidikan dan pelayanan custosmer, feedback atau umpan balik berupa balasan sekolah kepada pelanggan, serta perbaikan menerus untuk memberi pelayanan maksimal. Tentu hal terakhir adalah mengucapkan terima kasih dengan senyuman karena hal yang terbaik diberikan kepada pelanggan adalah senyuman.
Learning forum pertama yang di dalamnya terdapat diskusi dan tanya jawab itu, diakhiri dengan kesimpulan singkat oleh kepala SMP Tarakanita Citra Raya, Y.B. Wardjono. Kepala sekolah menegaskan pentingnya menjaga komitmen kita dalam melayani pelanggan pelanggan secara prima. Dengan pelayanan secara prima, sesuai tuntutan lembaga, maka harapanya animo masyarakat semakin meningkat untuk masuk ke sekolah kita. (STW)
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment