Article Detail

Review Pelayanan Prima

Pelayanan prima merupakan salah satu bentuk pelayanan yang maksimal yang diberikan kepada customer. Maka perlu penyegaran tentang prinsip-prinsip pelayanan prima. Sewperti yang dilakukan oleh karyawan SMP Tarakanita Citra Raya. Ada kegiatan revew pelayanan prima agar karyawan diingatkan kembali bagaimana melayani customer dengan baik (5/7). Review pelayanan prima disajikan oleh beberapa narasumber, antara lain Bu Tya, Pak Beni, Pak Bambang, Bu Yohana, Bu Vika, dan Pak Sobari. Untuk materri dibagi menjadi beberapa bagian.
 
Pada awal materi, Bu Tya menjelaskan bagaimana dan mengapa karyawan harus melaksanakan pelayanan prima. Hendaknya pelayanan prima ini harus dihidupi oleh setiap karyawan agar semua dapat menerapkan di lingkungan kerja. Customer di sini bukan hanya peserta didik dan orang tua namuin sesama rekan kerja pun dapat disebut sebagai customer.
 
Pada bagiab kedua, Pak Beni menyampaiakan bentuk-bentuk pelayanan prima secara praktis, mulai dari berpakaian dan bersikap. Dalkam sesi ini Pak Beni memberi contoh konkrit. Karyawan yang memakai sepatu tidak standard an tidak memakai ikat pinggang. Karyawan tersebut diminta maju. Hal ini membuat peserta yang lain tertawa. Pak Beni juga menyampaikan bahwa  cara berpakaian yang benar sesuai dengan standar harus dikenakan selama di tempat kerja.
 
Pada sesi ketiga disampaiakan oleh PP dan TU. Pada sesi ketiga ini para narasumber menyampaikan materi tentang etika berkomunikasi baik secara langsung maupun melalui telepon. Ibu Vika dan Ibu Yohana menyampaikan materi ini dengan baik dan jelas karena berkaitan dengan tugas mereka di TU yang merupakan garda depan. Bagaimana melayani tamu dengan baik dan membuat tamu merasa nyaman.
 
Di sesi terakhir, pak Sobari menyampaikan bahwa pelayanan prima bukan hanya yang sudah dijelaskan di atas namun masih ada yang lain yaitu 5R. Buadaya 5R perlu diterapkan di lingkungan kerja agar karyawan dapat bekerja dengan rapid an nyaman. (AGK)
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment