Article Detail

Analisis Teks Pidato : Mengembangkan Kompetensi Riset

Salah satu tujuan pembelajaran berbasis riset adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahlan masalah, dan mengkomunikasikan hasil penelitian. Riset ternyata bukan hanya milik ilmu pasti saja namun bisa juga diterapkan dalam bidang ilmu sosial dan bahasa. Seperti yang dilakukan oleh peserta didik SMP Tarakanita Citra Raya (8/4) dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII dengan materi menganalisis teks pidato dari segi struktur pidato dan unsur kebahasaan. Dalam diskusi kelompok, peserta didik diberi teks pidato. Dari teks pidato itu, peserta didik diminta untuk mendiskusikan. Hal-hal yang didiskusikan yaitu struktur pidato. Dari struktur pidato, peserta didik bisa mencari bagian pembuka pidato yang meliputi salam pembuka, sapaan, dan ungkapan syukur, isi yang meliputi pengenalan isu, rangkaian argumentatif, dan penutup yang meliputi kesimpulan, salam penutup.

Unsur kebahasaan yang dianalisis antara lain melipiti kelimat aktif, kata sapaan, konjungsi argumentatif, kata ganti, dan kalimat ajakan. Dalam proses diskusi, peserta didik mencari dalam teks dengan disertai alasan yang logis sehingga apa yang ditemukan sesuai dengan materi yang sudah dipelajari. Hasil diskusi disajikan dalam bentuk presentasi. Setiap kelompok menyiapkan presentasi hasil diskusi.

Dalam mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok, setiap kelompok maju secara bergantian untuk mempresentasikan hasil diskusi. Selama presentasi, anggota kelompok yang tidak menjadi presenter mendengarkan dan diberi kesempatan untuk memberi tanggapan dan pertanyaan. Di akhir pertemuan, guru memberi penguatan kepada peserta didik dan memberikan apresiasi atas hasil yang sudah diperoleh dalam setiap kelompok. (Agk)


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment