Article Detail

Eksplorasi Grammer Bahasa Inggris dengan Menyenangkan

Pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2024, peserta didik SMP Tarakanita Citra Raya melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi yang disampaikan berupa Present Perfect Tense. Awal pembelajaran dimulai dengan ditayangkannya video berupa percakapan sederhana antara 3 orang yang berbeda. Dalam video tersebut, siswa diminta untuk bisa menuliskan kalimat Simple Past Tense dan kalimat Present Perfect Tense yang ditemukan. Sebagai latar belakang awal, bahwa dalam mempelajari kalimat dalam materi Present Perfect Tense, pemahaman akan Simple Past Tense sangat diperlukan. Setelah siswa berhasil menemukan kalimat yang diminta, siswa diminta untuk bisa menganalisa apa saja yang membedakan antara dua jenis kalimat tersebut secara berkelompok. Nilai Community ditekankan dalam pembahasan di kelompok. Ada beberapa kelompok yang berhasil untuk bisa menjelaskan perbedaan pada kalimat tersebut. Seperti anggota kelompok dari siswa bernama Suisse, yang menjelaskan bahwa perbedaan  paling mendasar terletak pada penggunaan waktu. Setelah itu, guru memberikan penguatan dan penjelasan singkat mengenai materi Present Perfect Tense. 

Dalam pembelajaran ini, kegiatan di kelas tidak hanya berfokus pada pemahaman akan Grammar  atau tata bahasa, tetapi bagaimana siswa bisa menggunakan dan memahami pola kalimat tersebut pada sebuah teks Bahasa Inggris. Penekanan Literasi dalam konteks ini, mencoba mengenalkan juga bacaan-bacaan bahasa asing, yang mungkin ditemukan oleh siswa pada kehidupan sehari-hari. Dengan membiasakan anak membaca bacaan bahasa asing atau dalam konteks ini Bahasa Inggris, diharapkan akan membantu mereka untuk bisa menerima dan memilah segala informasi yang mungkin didapat dari sumber internasional.

Siswa lalu disajikan teks Bahasa Inggris yang didalamnya memuat kalimat Present Perfect Tense.  Siswa diminta untuk bisa memahami isi dari teks tersebut dan menjawab pertanyaan yang telah disediakan. Siswa diberikan waktu beberapa saat untuk membaca teks yang diberikan. Untuk memeriksa pemahaman siswa, beberapa anak maju ke depan untuk bisa menuliskan jawabannya di depan kelas. Beberapa siswa seperti Anne, Mora, Joel dapat menjawab pertanyaan dengan baik. (Egr)


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment