Article Detail
Multimedia Learning dan Gamification
Peserta didik kelas 8A dan 8B SMP Tarakanita Citra Raya melakukan kegiatan belajar mengajar dengan metode multimedia learning dan gamification (1/11).Sebelum dimulai, guru membantu peserta didik untuk mengingat kembali materi jantung pada manusia. Agar peserta didik lebih siap menghadapi penilaian harian di hari berikutnya, peserta didik akan melakukan permainan (gamification) menuliskan bagian-bagian jantung.
Peserta didik menyiapkan 2 buah alat tulis dengan warna tinta yang berbeda, alat tulis tersebut berupa crayon/pensil warna/spidol/pulpen. Peserta didik memasukkan buku catatan ke dalam tas, guru membagikan kertas berisi gambar peta jantung (multimedia learning) kepada masing-masing peserta didik.
Guru akan menayangkan tulisan bagian jantung atau cara kerja jantung pada power point, kemudian peserta didik harus menuliskannya pada gambar yang sudah disediakan selama 10 detik dengan menggunakan alat tulis yang sudah mereka sediakan. Setelah waktu berakhir, peserta didik wajib mengangkat gambar tinggi-tinggi, guru dan peserta didik dapat mengetahui bagian yang ditulis benar atau salah. Kemudian guru mencatat skor setiap baris berdasarkan jumlah salah, sehinnga peserta didik dapat melihat jumlah kesalahan pada 6 baris. Hal ini dilakukan sampai dengan 13 penayangan tulisan. Perwakilan peserta didik per baris melakukan presentasi setelah penayangan tulisan ke 14 dan 15.
Di akhir pembelajaran guru dan peserta didik menghitung jumlah kesalahan dari masing-masing barisan. Guru dan peserta didik mereflesikan bahwa dengan metode multimedia learning dan gamification, peserta didik lebih memahami bagian-bagian dan cara kerja jantung dan memiliki semangat berkompetisi. (Md)
-
there are no comments yet