Article Detail
VP: Daya Magnet di Rambut Manusia
Sebagian besar peserta didik menganggap belajar adalah suatu beban, membuat capai, bosan dan tidak bahagia. Pemilihat metode yang tepat oleh seorang pendidik biasanya dapat mengubah paradigma tersebut.
Belajar sambil bermain dan mengalami langsung bersama teman dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar. Pada hari Jumat, 07 November 2025, kelas 9D belajar listrik statis dengan bermain menggunakan penggaris mika, sedotan plastic, baju dan rambut mereka, serta aplikasi Phett Colorado dan buku pegangan.
Saat memulai pembelajaran, guru meminta mereka bermain GST ( Gosok, Siap, Tangkap) selain untuk memotivasi, membuat rasa senang, menumbuhkan kesadaran dalam belajar juga sudah mengarahkan pembelajaran, bahwa salah satu cara membuat benda bermuatan dengan cara digosok dengan benda lain.
Setelah mereka senang dengan permainan GST, guru mengarahkan mereka untuk beraktivitas/ eksperimen sederhana dengan menggosokkan sedotan plastik ke baju mereka kemudian mendekatkannya pada sepotong kertas yang digantung/ dibiarkan bebas di ujung pulpen/pensil. Akhirnya mereka diminta menuliskan apa yang terjadi, kemudian menyelidiki muatan yang terbentuk pada sedotan maupun baju mereka dengan menggunakan deret triboelektrik dari buku cetak.Â
Pada eksperimen ke 2 dan ketiga, sedotan diganti penggaris dan rambut. Dengan aktivitas berkelompok yang mereka lakukan, ada kejasama, ada kesenangan apalagi kalau eksperimen mereka berhasil, mereka akan bersorak gembira. Ada daya juang terlebih ketika kelompok lain berhasil dan kelompoknya belum. Selain itu juga distimulasi untuk berpikir kritis dalam menentukan muatan yang terbentuk pada benda karena harus menganalisis berdasarkan deret triboelektrik dari buku cetak.Â
Di akhir pembelajaran, ketika dimintai pendapatnya, hamper semua menjawab kompak bahwa pembelajaran dengan praktek sederhana menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Secara terpisah Obert kelas 9D mengatakan “ Belajar dengan mengalami langsung menyenangkan dan meninggalkan kesan mendalam dari pada hanya mendengarkan atau melihat leawt ppt“, senada dengan Obert, Devan 9D mengatakan belajar memakai aplikasi Phet yang memvisualisasikan muatan pada balon, sweeter dan dinding membuat pemahaman lebih berarti dan menyenangkan. (As)
-
there are no comments yet
