Article Detail

VP: Mendesain Format Kerajinan Kayu

Peserta didik kelas IX SMP Tarakanita Citra Raya menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka dengan membuat kap lampu dari stik es krim. Hal tersebut merupakan bagian dari pembelajaran prakarya aspek kerajinan yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat daya cipta setiap peserta didik dalam membuat karya dan memfasilitasi dalam berekspresi dengan kreatif. Dalam pembelajaran bertema “kerajinan dari bahan keras”, peserta didik sebelumnya diajak diskusi untuk mengamati karya kerajinan di lingkungan rumah dikemas dengan game puzzle. Mereka menyusun potongan puzzle yang berisi gambar kerajinan lalu diskusikan terkait desain, analisis langkah membuat, dan nilai ergonomis dari karya tersebut. Hasil analisis disampaikan pada kelompok lain dan diberikan tanggapan, pembimbing mengarahkan ke konsep.  

Dalam pembelajaran tahap berikutnya, pembimbing mengarahkan konsep dalam merancang pembuatan kerajinan dari stik es krim dan mengajak peserta didik untuk terlibat secara langsung mengamati dan memahami langkah pembuatan kap lampu. Pembimbing memberikan contoh gambar dan contoh kap lampu yang dibawa ke kelas. Peserta didik diajak untuk mengamati desain rangkaian, dan menghitung jumlah stik yang harus disediakan serta bahan pendukung lainnya. Pembimbing mengarahkan agar peserta didik dapat merancang dengan benar, mulai dari konsep desain, langkah pembuatan sampai dengan nilai ergonomis dari kap lampu. 

Dengan menggunakan stik es krim sebagai bahan utama, peserta didik menciptakan kap lampu dengan berbagai macam bentuk yang unik dan fungsional. Mereka menambahkan lampu LED dan baterai untuk kap lampu tersebut. Mereka diminta pembimbing untuk menguji hasil karya masing-masing dengan mengisi Lembar kerja yang sudah dibagikan berisi kriteria penilaian karya. Kap lampu dari stik es krim yang dibuat peserta didik, beberapa akan dipamerkan di sekolah dan diharapkan dapat menjadi inspirasi dan berguna bagi peserta didik lain untuk mengembangkan kemampuan literasi, numerasi dan nilai Creativity.(Mfdr)


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment